Rabu, 25 Juli 2012

HONG KONG YANG SAYA TAHU





Hong Kong??? Di Indonesia kata Hong Kong sangatlah terkenal, bahkan kalau ada apa-apa sampai ada istilah “Makan dari Hong Kong” atau “Tidur dari Hong Kong”. Dimana maksud dari istilah itu adalah yang berbicara belum sempat makan atau Tidur. Namun, banyak hal mengenai Hong Kong yang masih belum saya ketahui dan saya berharap semoga bisa berada disana nanti
Adalah Hong Kong Tourism Board, selain Tuhan tentunya yang bisa membuat harapan saya untuk berada di Hong Kong bisa terwujud melalui kontes Blogger Writing Contest dan HK Summer Showreel dengan tema #HKSummerspectacular yang mana apabila saya menjadi pemenang maka saya berkesempatan untuk jalan-jalan ke Hong Kong selama 3 hari.
Saya sendiri memang selama ini tahu Hong Kong sebagai daerah administrasi Khusus China selain Macau yang sempat menjadi koloni Inggris selama 100 tahun sebelum diserahkan ke China tahun 1997. Dimana, di Hong Kong sistem yang berlaku adalah “One Country, Two System” yang membuat mereka secara politik berbeda dengan ibu pertiwi mereka, Republik Rakyat China. Dimana pejabat tinggi Hong Kong saat ini dijabat oleh CY Leung.
Gambaran Hong Kong (Courtesy Hongkongvisa.org)
Saya juga banyak mengetahui Hong Kong dari beberapa film mereka, kebetulan saya sering menonton beberapa film Hong Kong seperti God of Gamblers atau Shaolin Soccer. Juga beberapa bintang ternama Hong Kong seperti Andy Lau, Tony Leung, Karen Mok atau Alan Tang. Namun film Hong Kong favorit saya adalah film – film lawas Bo Bo Ho yang popular di Indonesia. Dari film-film itu saya tahu kalau kehidupan di Hong Kong kelihatannya cukup menarik untuk didatangi, walau Hong Kong saya lihat kebanyakan Hong Kong 10 tahun yang lalu kebawah, karena film Hong Kong yang saya tonton kebanyakan film lawas.
Adegan dalam salah satu Film Bo Bo Ho, salah satu film favorit saya (Courtesy Google.com)
Hong Kong sendiri juga yang saya tahu adalah kawasan yang multicultural. Walaupun disana mayoritas etnis adalah etnis China baik Han maupun Kanton. Namun, disana juga saya dengar banyak terdapat populasi orang-orang Asia Selatan seperti India, Pakistan atau Nepal. Hal yang menurut saya wajar, karena sebagai daerah yang pernah berada di bawah protektorat Inggris, cukup banyak warga-warga Asia Selatan yang didatangkan kesana seperti halnya di Singapura, Malaysia atau Afrika Selatan.
Selain itu, di Hong Kong juga banyak terdapat para pengungsi dari zaman perang Vietnam yang sudah menjadi warga negara sana. Hal lain yang menarik di Hong Kong pun banyak terdapat tenaga kerja asing dari Indonesia, Filipina, Bangladesh dll. Dimana, Tenaga Kerja Filipina dan Indonesia jumlahnya cukup banyak di Hong Kong.
Khusus untuk Tenaga Kerja Indonesia, saya banyak tahu keberadaan mereka cukup banyak lewat film Lola Amaria yang berjudul “Minggu Pagi di Victoria park”. Dimana lewat film itu, saya jadi tahu kalau para pekerja asal Indonesia suka berkumpul tiap hari minggu di kawasan Victoria Park.
Film Minggu Pagi di Victoria Park, film yang membuat saya tahu kehidupan TKI di Hong Kong (Courtesy PickLock Production)
Saya juga tahu Hong Kong dari para musisi mereka, dimana beberapa musisi mereka seperti Andy Lau, Joey Yung atau Leo Ku sering saya dengarkan lagunya. Bahkan lagu Leo Ku yang berjudul “Hao Xiang, Hao Xiang” adalah lagu dari Artis Hong Kong favorit saya, karena itu besar harapan saya apabila diberi kesempatan untuk berangkat ke Hong Kong, mungkin saya bisa bertemu orang-orang yang sebelumnya Cuma bisa saya lihat di layar kaca.
Selain itu, Di Hong Kong juga yang saya tahu cukup banyak tempat wisata yang menarik, diantaranya adalah The Peak (Victoria Peak) yang merupakan sebuah gunung yang terletak di kawasan Hong Kong barat yang juga biasa dikenal sebagai Mount Austin. Dimana, di tempat ini kita bisa melihat Hong Kong dari atas dengan menaiki Tram, dimana kabarnya apabila malam, terlihat keindahan kota Hong Kong dengan cahayanya.
Pemandangan Hong Kong di malam hari dari Victoria Peak (Courtesy Wikipedia.org)
Selain itu, tempat lain yang kelihatannya menarik adalah Disney Land Hong Kong di pulau Lantau , dimana di kawasan ini kita bisa merasakan wahana – wahana permainan seru dan menarik dengan tema- tema dunia Disney dan bisa merasakan petualangan layaknya di dunia Disney, dan sungguh akan menjadi pengalaman tak terlupakan dari #HKSummerspectacular apabila saya bisa kesana dan merasakan keajaiban ala Aladdin, Mulan atau Hercules.
Disney Land Hong Kong (Courtesy Google.com)
Kemudian tempat lain yang juga menari kadalah Museum Maddam Tussaud, dimana museum ini mirip dengan Museum yang sama yang berada di London, dimana kita bisa melihat patung orang-orang ternama yang terbuat dari lilin dan menyerupai rupa asli mereka. Sungguh benar-benar menakjubkan.
Selain itu tempat-tempat wisata lain seperti Patung Buddha Raksasa di pulau Lantau, Ladies Market atau Hong Kong Global Geopark of China juga kelihatannya cukup menarik untuk didatangi dan akan menjadi kesempatan yang tidak terlupakan apabila diberi kesempatan kesana.
Namun, tempat terakhir yang sebenarnya ingin saya datangi adalah Victoria Park, tempat yang diceritakan oleh Lola Amaria dalam filmnya, Minggu Pagi di Victoria Park. Dimana, disana cukup banya k TKI yang berkumpul dan bersosialisasi. Mungkn, akan sangat menarik melihat bagaimana para pekerja kita yang mengadu nasib di Hong Kong saling melepaskan penat dan bercengkerama satu sama lain, dimana situasinya saya pikir mirip dengan situasi di kawasan Orchard Road, Singaura yang setiap hari minggu juga dipenuhi oleh pekerja asing, termasuk dari Indonesia.
Oleh karena itu, saya hanya bisa berharap bisa menjadi pemenang Blog Writing Contest dalam #HKSummerspectacular ini untuk mencicipi pengalaman baru dalam hidup saya dengan mengunjungi tempat yang sebelumnya hanya bisa saya pandangi di layar kaca dan mungkin bisa bertemu dengan para Bintang Film Hong Kong disana. Amin…

Tidak ada komentar: