Selasa, 21 Februari 2012

MELESTARIKAN ENERGI DARI DIRI KITA SENDIRI


Banyak dari kita yang berpikir bahwa untuk melestarikan alam dan menjaga lingkungan harus dimulai dari mereka yang diatas dulu.Hal tersebut memang tidak salah, karena lazimnya mereka para pemimpin yang diatas harus bisa memberi contoh yang baik kepada rakyatnya apabila mereka ingin rakyatnya menjaga kelestarian alam dan energi dengan tidak mudah memberikan izin eksplorasi tambang secara berlebihan atau mengurangi perdagangan karbon.

Namun, tentu tidak salah juga apabila kita mulai melestarikan dan menginvestasikan energi yang ada dimulai dari diri kita sendiri. seperti kata Ustadz Abdullah Gymnastiar yang menganjurkan kita untuk memulai suatu kebaikan dari diri kita sendiri dulu sebelum menyuruh orang lain. Bagaimana Caranya???

Hal tersebut tentunya tidak sulit walau tentu kita agak sedikit kaget pada awalnya. yang pertama misalnya kita harus mematikan alat elektronik di rumah kita seperti AC dan Televisi apabila sedang tidak dipakai. khusus untuk AC bahkan apabila kondisinya tidak terlalu panas mungkin kita bisa menahan diri dulu atau dengan kipas angin. karena semakin sering TV atau AC nyala maka akan banyak energi yang terbuang untuk AC dan Televisi tersebut.

Yang kedua yaitu mengurangi ketergantungan terhadap kendaraan pribadi. seperti yang kita ketahui bahwa orang indonesia memang dikenal sangat manja, karena untuk bepergian, bahkan untuk jarak yang dekat. mereka lebih senang pergi dengan kendaraan pribadi yang mana tentu akan sangat membuang banyak bensin. mungkin kita harus membiasakan diri menggunakan kendaraan umum atau menumpang teman jika memang benar-benar penting, karena apabila kita bepergian dengan mobil dan mobil itu hanya diisi satu orang, maka selain membuang banyak bensin juga menjadi salah satu penyebab kemacetan. kita mungkin bisa membeli BBM sebanyak yang kita mau. tapi bisakah kita mengganti bensin yang telah kita pakai.


Selain itu, juga kita harus membiasakan diri kita untuk tidak sering memakai parfum. karena efek dari parfum yang dapat merusak lapisan ozon. begitupun dengan kebiasaan ekcil seperti iseng-iseng membuka kulkas apabila sedang gerah. hal tersebut memang rasanya kecil namun tanpa kita sadari efeknya besar.

Maka, melihat fakta-fakta diatas tentu tidak salah apabila kita memulai segalanya dari diri kita sendiri. tentu kita tidak ingin anak cucu kita hidup seperti primitif di masa depan. Mungkin apabila kita pernah menonton film America 3000 yang menceritakan kehidupan Amerika di tahun 3000 yang jauh dari modern bahkan lebih primitif dari abad 12. tentu kita tidak ingin hal itu terjadi ke anak cucu kita. tentu kita lebih ingin anak cucu kita menikmati hal-hal yang kita nikmati sekarang terutama energi.

Karena itu mari kita investasikan energi kita untuk anak cucu kita di masa depan.

Tautan:
Tautan
www.mudaers.com
www.sobatbumi.com

Tidak ada komentar: